Wednesday, June 5, 2013

kesehatan anak



Tips memilih mainan untuk bayi usia 7-12 Bulan
Meskipun terkesan sepele, tetapi memilih mainan bayi untuk buah hati harus sesuai dengan pertumbuhannya. Karena setiap mainan bayi memiliki fungsi stimulasi yang berbeda-beda untuk setiap usia bayi. Dari usia 7 bulan hingga bayi 12 bulan, memiliki perkembangan yang lebih banyak dibanding usia sebelumnya.
Bayi sudah memiliki perkembangan mental, motorik dan sensorik yang lebih sempurna, misalnya sudah mulai belajar merangkak sehingga bayi senang bermain dengan sesuatu yang dapat bergerak atau memantul. Selain itu bayi di usia ini memiliki ketertarikan yang besar terhadap objek di sekelilingnya. Berikut ini beberapa tips untuk memilih mainan bayi usia 7 sampai bayi 12 bulan, semoga membantu.
  1. Pilihlah mainan yang memiliki fungsi edukasi dan stimulasi terhadap perkembangan bayi. Bayi usia 7 bulan ke atas sangat senang dengan sesuatu yang dapat berbunyi, berwarna-warni dan bergerak, contohnya mainan karet yang dapat berbunyi jika ditekan. Mainan jenis ini akan menstimulasi pendengaran bayi sekaligus membuat bayi memahami cara kerja mainan yaitu ketika ia menekan sesuatu maka benda tersebut akan mengeluarkan bunyi. Orangtua dapat juga memilih mainan yang dapat berbunyi saat digoyang-goyangkan oleh tangan bayi, tentu saja dengan warna yang menarik untuk bayi.
  2. Pastikan keamanan mainan tersebut. Hingga usia bayi 12 bulan biasanya mereka senang memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya, sehingga dapat membuat bayi tersedak atau keracunan. Selain itu bayi sering memukul-mukulkan mainan. Maka untuk menghindari risiko-risiko tadi sebaiknya pilih mainan bayi yang tidak memiliki sudut atau sisi dan bau yang tajam, tidak mengandung material atau pewarna yang berbahaya, dan tidak memiliki komponen-komponen kecil yang dapat terlepas saat dimainkan.
  3. Belilah mainan bayi yang memiliki fungsi sesuai untuk usia bayi, orangtua dapat mengetahuinya melalui tulisan yang tercantum di kemasan mainan.
  4. Saat ini banyak jenis mainan yang beredar luas di pasaran. Belilah mainan di toko mainan bayi online yang memiliki reputasi baik, karena biasanya toko tersebut memiliki standart tertentu dalam menjual jenis mainan bayi yang akan membuat orangtua lebih mudah menentukan pilihan. Selain itu orangtua dapat membeli mainan bayi online. Ada sejumlah toko mainan bayi online yang sudah cukup dikenal, misalnya adikbayi.com, tokobagus.com, tokomainanonline.com dan masih banyak yang lain. Selain praktis dan mudah, di toko online jenis mainan sudah dikelompokan berdasarkan rentang usia anak dan disertai penjelasan fungsi mainan tersebut.
  5. Mainan bayi tak perlu mahal, karena yang terpenting adalah manfaat dan kesenangannya bagi buah hati. Akan lebih baik lagi jika orangtua terutama ibu dapat membuat sendiri mainan bayi. Misalnya dengan menjahit kain perca warna-warni berisi busa menjadi bola, boneka atau bantal yang lembut, selain kreatif juga mudah dan hemat.

No comments:

Post a Comment